Tehnik penanaman bunga mawar

Penentuan pola tanam
bikin lubang tanam pada jarak 60—60 cm atau 70—70 cm, bergantung type mawar serta kesuburan tanahnya.


Pembuatan lubang tanam
untuk bikin lubang dibutuhkan sekop melengkung agar didapatkan lubang berupa silindris. ukuran lubang 45—45—45 cm. kedalaman yang baik yakni apabila tanaman ditempatkan didalam lubang, kedudukan sisi percabangan utama ( bud union ) letaknya sejajar dengan permukaan tanah. akar mawar tidak bisa menembus tanah terlampau didalam, maka tak perlu mencangkul tanah terlampau didalam, cukup 45/55 cm.

Pada waktu bikin lubang, tanah di permukaan ( top soil ), sub-soil dihimpun terpisah, dikarenakan dapat dipakai untuk menutup lubang kembali. apabila tempat itu tertutup rumput, mesti di ambil didalam wujud lempengan-lempengan serta ditempatkan di area teduh, untuk dipakai sebagai pupuk, memasukkannya ke didalam lubang. lempengan rumput ditempatkan terbalik. top soil digabung dengan bahan organik ( layaknya kompos, pupuk hijau, pupuk kandang dan seterusnya ) perbandingan 4 sisi tanah serta 1 sisi bahan organik. lubang ditimbuni sub-soil digabung dengan bahan organik ( didalam jumlah semakin banyak daripada campuran untuk top soil ) serta super fosfat ( bisa juga digunakan tepung tulang ) 20%. jumlah super fosfat 1, 5-2 kg per 10 m2 tanah, tepung tulang 1, 5-3 kg per 10 m2. lubang diisi top soil serta bahan organik hingga membentuk gundukan.

Langkah penanaman
waktu tanam mawar yaitu pada awal musim hujan ( apabila situasi airnya cukup bisa dikerjakan selama musim/tahun. tanaman mawar yang ditanam berbentuk bibit cabutan ( tanpa tanah ), serta bibit yang datang dari polybag.

Langkah penanaman bibit mawar cabutan :
a ) bongkar bibit tanaman mawar dari kebun pembibitan dengan cabutan.
b ) potong beberapa batang serta cabang-cabangnya, sisakan 20–25 cm supaya habitus tanaman jadi perdu ( pendek ).
c ) potong beberapa akar-akarnya dengan gunting pangkas tajam serta steril.
d ) rendam bibit mawar didalam air atu larutan zat pengatur tumbuh ( zpt ) layaknya dekamon 1–2 cc/liter sepanjang 15–30 menit.
e ) tanam bibit mawar di dalam-tengah lubang tanam serta akarnya diatur menyebar ke seluruh arah. timbun ( urug ) dengan tanah sampai batas pangkal leher batang.
f ) padatkan tanah di sekitar batang tanaman mawar pelan-pelan supaya akarakarnya bisa kontak segera dengan air tanah.
g ) siram tanah di sekitar perakaran tanaman sampai basah.
h ) gunakan naungan sesaat dari anyaman bambu/bahan lain untuk melindugi tanaman mawar dari teriknya cahaya matahari sore hari.

Penanaman bibit mawar dari polybag tidak sama dengan penanaman bibit mawar cabutan. bibit mawar dari polybag dipindahtanamkan dengan lengkap berbarengan tanah serta akar-akarnya. tata langkah penanaman bibit mawar dari polybag yaitu seperti berikut :
a ) siram media didalam polybag yang diisi bibit mawar sampai cukup basah.
b ) angkat polybag lantas balikkan posisinya sembari ditekuk-tekuk sisi dasarnya supaya bibit mawar berbarengan tanah serta akar-akarnya lepas ( keluar ) dari polybag. apabila polybag berukuran besar, maka pengeluaran bibit mawar bisa dengan langkah menyobek atau menyayat polybag tersebut.
c ) tanamkan bibit mawar ke didalam lubang tanam yang sudah disediakan jauh hari pada mulanya. letak bibit mawar pas di dalam-tengah lubang tanam, lantas urug dengan tanah hingga penuh sembari dipadatkan pelan-pelan
d ) siram tanah di sekitar perakaran tanaman mawar sampai cukup basah. bibit mawar dapat segera fresh serta tumbuh tanpa melewati pelayuan atau istirahat dulu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS