Pengolahan Media Tanam Untuk Bunga Melati

Pembukaan lahan

bersihkan lokasi untuk kebun melati dari rumput liar ( gulma ), pohon-pohon yang tidak berguna/batu-batuan supaya gampang pengelolaan tanah.
olah tanah dengan langkah di cangkul/dibajak sedalam 30-40 cm sampai gembur, lantas biarlah kering angin sepanjang 15 hari

pembentukan bedengan :
 membentuk bedengan selebar 100-120 cm, tinggi 30-40 cm, jarak pada bedeng 40–60 cm serta panjang sesuai dengan situasi tempat.
 
pengapuran : tanah yang ph-nya masam bisa diperbaiki melewati pengapuran, contohnya dengan kapur kalsit ( caco3 ) dolomit {camg ( co3 )2}, kapur bakar ( quick lime, cao )/kapur hidrat ( slakked lime, {ca( oh )2}. manfaat/kegunaan pengapuran tanah masam yaitu untuk menaikan ph tanah, dan untuk menambah unsur-unsur ca serta mg.
 
pemupukan : tebarkan pupuk kandang diatas permukaan tanah, lantas campur dengan merata dengan susunan tanah atas. pupuk kandang dimasukkan pada setiap lubang tanam sejumlah 1-3 kg. dosis pupuk kandang berkisar pada 10-30 ton/hektar. lubang tanam dibikin ukuran 40 kali 40 kali 40 cm dengan jarak antar lubang 100-150 cm. penyiapan tempat baiknya dikerjakan pada musim kemarau/1-2 bln. sebelum saat musim hujan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS